FOOD BLOGGER INDONESIA

Pisang goreng nugget,camilan yang tengah viral tahun ini

Aneka Kuliner olahan pisang seperti pisang goreng memang disukai oleh kebanyakan orang. Cara pengolahannya pun beraagam; mulai dari digoreng, dibakar, dijadikan keripik, hingga menjadi bahan dasar kue seperti bolu.

Bahkan berbagai inovasi dilakukan dalam mengolah pisang supaya menjadi kudapan yang tidak hanya enak tetapi juga unik dan menarik dalam penyajian. Seperti pisang goreng dalam bentuk nugget (bongkah) yang menjadi salah satu resep paling banyak dicari di Google sepanjang 2017, seperti ditulis Liputan6.com.
Bentuk camilan ini mirip seperti seperti nugget berbahan dasar ayam atau ikan yang sudah lebih dulu populer.
Walau bahan dasarnya sama dengan pisang goreng tradisional--menggunakan pisang dan telur--yang menjadi pembeda pisang goreng nugget adalah dua jenis tepung yang digunakan, yaitu tepung terigu dan tepung roti.
Bahan itulah yang membuat pisang goreng nugget, yang mulai populer pada pertengahan 2017, memiliki tekstur kulit yang lebih renyah.
Sebenarnya, camilan kekinian ini memiliki kemiripan tekstur dengan pisang goreng Pontianak yang dikenal dengan kerenyahannya. Hanya saja pisang ini dibuat dengan ukuran lebih kecil dengan topping unik. Itulah yang membuat pisang nugget menjadi viral; penampilan yang menarik serta menggoda selera.

BACA JUGA: Tersedia Berbagai macam kopi di seluruh indonesia
Jenis topping beragam dan penuh warna. Ada cokelat, stroberi, daun hijau hingga parutan keju. Bahkan biskuit juga bisa menjadi topping yang akan membuat rasa pisang makin renyah dan bertekstur.
Untuk menikmati pisang kekinian ini tidak sulit. Sebab, sudah banyak penjual nugget pisang. Ada yang berjualan lewat media daring atau pun di gerai-gerai pinggir jalan.
Dalam lansiran CNN Indonesia, penikmat pisang bisa melirik rekomendasi pisang goreng nugget yang sedang hit di Jakarta.
Salah satunya adalah The Banaboo, kedai yang menjual pisang goreng nugget dengan 14 rasa ini memiliki kemasan yang menggemaskan dengan warna biru dan merah jambu. Satu kotak The Banaboo dijual dengan harga Rp22 ribu hingga Rp27 ribu dengan isi 10 potong.
Topping favorit para pengunjung kedai ini, yang kebanyakan kaum hawa, adalah saus dari teh hijau.
Ada juga Bananugget yang menawarkan menu Mamonsu. Pisang goreng ini memiliki tiga macam topping yang saling melengkapi dengan perpaduan rasa teh hijau, almond, dan susu.
Untuk yang suka membeli lewat daring, bisa membeli di Raja Pisang Nugget lewat akun resmi Instagram @rajapisangnugget. Berbeda dengan gerai lain, Raja Pisang Nugget hanya melayani pre-order lewat akun media sosial.
Bahkan kepopuleran pisang nugget ini juga membuat pasangan artis Gisel dan Gading Martin membuka usaha tersebut.
Kaesang Pangarep, anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo, juga tidak ketinggalan membuka usaha makanan kekinian tersebut dengan nama Sang Pisang, seperti dikabarkan Detik.com.
Usaha pisang goreng kekinian ini memang menjamur. Karena bahan membuat harga produk terjangkau sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan, pasarnya lebih luas, dan resep bisa dimodifikasi berbagai rupa sesuai dengan keinginan pemesan.
Untuk mengolah pisang menjadi nugget, Anda perlu memerhatikan tip di bawah ini.
Pertama, hindari memakai pisang konsumsi, karena nanti akan menghasilkan pisang dengan tekstur yang lembek dan rasa yang agak sepat.
Jenis pisang yang direkomendasikan untuk membuat olahan pisang ini adalah pisang tanduk atau pisang raja. Jenis pisang ini memiliki rasa lebih legit dan memiliki aroma khas.
Bisa juga memilih pisang kapok dan pisang uli. Kedua jenis pisang ini juga sering diolah menjadi pisang nugget dengan berbagai cita rasa. Pastikan jenis pisang yang dipilih sudah matang atau kematengan.
Tanda pisang sudah matang adalah kulit berwarna kuning tua dan tekstur padat berisi. Ketika disentuh, pisang matang akan terasa lebih lunak dari pisang muda.
Meski berjudul nugget, olahan pisang tidak menggunakan pisang yang dihaluskan. Sebab, hal itu mengubah tekstur dan rasa pisang ketika diolah.
Kedua, cermat memilih topping. Sebaiknya tidak terlalu manis agar tidak enek. Sebaiknyapilih cokelat, keju, atau susu kental manis yang memang umum disukai orang.
Camilan yang memiliki tekstur renyah di luar tentu bisa menjadi hidangan favorit keluarga yang bisa dibuat sendiri di rumah. Dan bisa dikreasikan dengan topping apa saja sesuai selera.
Seperti resep nugget pisang S'Mores merupakan salah satu resep olahan pisang kekinian dengan tambahan marshmallow dan saus cokelat.
Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat Nugget Pisang Marshmallow.
Bahan-bahan
  • 5 buah pisang uli
  • 80 gram marshmallow
  • 50 mililiter saus cokelat
  • Minyak goreng secukupnya

Pelapis:
  • 100 gram tepung roti
  • 1 butir telur (putihnya saja)

Cara membuat:
  • Pipihkan pisang, kemudian lapisi dengan putih telur lalu balur dengan tepung roti.
  • Lapisi kembali dengan putih telur dan tepung roti. Lakukan hal yang sama hingga pisang habis.
  • Panaskan minyak dan goreng pisang hingga warna kuning kecokelatan lalu angkat.
  • Tambahkan marshmallow di atas nugget, beri saus cokelat.
  • Sajikan selagi hangat.
Bagi kalian yang menyukai kopi bisa cek disini
https://jualkopiarabikagayobandungdanharga.blogspot.com

0 Response to "Pisang goreng nugget,camilan yang tengah viral tahun ini"

Posting Komentar

wdcfawqafwef