FOOD BLOGGER INDONESIA

5 Kuliner unik khas ndonesia

Makanan khas Indonesia memiliki keunikan tersendiri, mulai dari cara memasaknya hingga bahan yang digunakan. Seperti 10 kuliner unik khas Indonesia berikut ini.
KULINER - Mengulas kuliner Indonesia tak akan ada habisnya. Indonesia memiliki 34 provinsi, di mana setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing. Cita rasa yang dihasilkan juga berbeda-beda.
Seperti daerah Sumatera Barat yang terkenal dengan masakan Padangnya. Cita rasa pedas dan pekat lebih mendominasi. Sedangkan untuk daerah Jawa Tengah, khususnya Jogja dan Solo, lebih dikenal dengan masakan rempah yang didominasi rasa manis.
Kekayaan kuliner ini seirama dengan kekayaan alam dan rempah di Indonesia. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bumbu rempah, yang membuat cita rasanya menjadi khas dan kaya akan rasa.
Tidak hanya itu saja, cara pengolahan makanan khas setiap daerah juga berbeda-beda. Mulai dari kukus, panggang, hingga bakar, atau memadukan semua metode masak.
Dari sekian banyaknya jumlah kuliner khas Indonesia yang unik, ada beberapa kuliner unik yang wajib dicoba saat mengunjungi daerah tempat makanan ini berasal.
Kuliner Unik Sate Buntal dan Gudheg
1. Kuliner Unik Sate Buntal

Kuliner sate mungkin sudah tidak asing lagi, tapi kalau sate yang dibuntal? Bagi kalian yang pernah berlibur ke Bali, harusnya sudah merasakan kuliner unik yang satu ini. Sedikit berbeda dengan sate yang umumnya kita temui, sate ini tidak ditusuk tapi dililitkan.
Sate Buntal dibuat dari olahan daging, bisa daging ayam betutu, sapi, atau bisa juga babi. Jadi, harus diperiksa dulu ya saat membeli Sate Buntal di Bali. Tanyakan terbuat dari daging apa terlebih dahulu, sebelum menyantapnya.
2. Kuliner Unik Gudeg Kendhil

Bagi orang Jawa, gudeg bukanlah makanan yang unik. Namun, bagi orang lain, terutama turis asing, kuliner dengan cita rasa manis ini digolongkan sebagai kuliner unik.
Bagaimana tidak? buah nangka muda (atau dalam Bahasa Jawa disebut Gori) yang belum matang bisa diolah menjadi makanan yang manis.
Rasa kuliner unik satu ini sangat khas dan sangat njawani. Disajikan lengkap dengan nasi hangat, telur rebus, dan sayur pepaya muda, membuat lidah bergoyang, tak tahan untuk segera mencicipi.
Kuliner Unik Khas Indonesia dari Mie
3. Kuliner Unik Mie Aceh

Mie mungkin menjadi jenis makanan yang bisa kita temui hampir di seluruh dunia dengan gaya memasak yang berbeda-beda. Dan, yang membuat mie khas Aceh ini unik adalah isian.
Bisa kalian bayangkan, bagaimana rasa campuran daging sapi, daging kambing, kepiting dan cumi-cumi yang dijadikan satu? Duh, sudah bikin menelan ludah saja, nih.
BACA JUGA: ARABIKA DARI ACEH
4. Kuliner Unik Mie Bangka

Masih di kawasan Pulau Sumatra, kali ini tepatnya di Provinsi Bangka Belitung. Ada satu kuliner unik yang terbuat dari mie bernama Mie Bangka.
Hampir sama dengan Mie Aceh, mie ini juga terbuat dari mie telur yang ditumis bersama dengan kaldu dan diberi topping makanan laut dan jeruk nipis.
Kedua kuliner unik mie ini, bisa disajikan dalam dua bentuk, dengan kuah kaldu atau dalam bentuk tumis kering. Tapi yang pasti, dua-duanya memiliki cita rasa sangat khas, dan hanya bisa ditemui di tempat asalnya saja.
Kuliner Unik Olahan Ikan Khas Indonesia
5. Kuliner Unik Gulai Patin

Olahan ikan selalu saja berhasil menggoda lidah untuk mencoba. Seperti kuliner unik satu ini yang terbuat dari ikan Patin, jenis ikan air tawar dengan tekstur daging yang lembut. Jenis ikan ini sangat mudah dibudidayakan di Indonesia, terutama di daerah Jambi.
Ikan ini menjadi salah satu bahan dasar membuat kuliner khas Jambi, Gulai Patin. Keunikan dari Gulai Patin ialah kuahnya yang terbuat dari santan kelapa, menghasilkan cita rasa yang unik dan gurih.
Ada cara unik yang lebih tradisional dalam membuat Gulai Patin, yaitu dengan menggunakan potongan durian yang difermentasi.
Bagi kalian yang menyukai kopi bisa cek disini
https://jualkopiarabikagayobandungdanharga.blogspot.com

0 Response to "5 Kuliner unik khas ndonesia "

Posting Komentar

wdcfawqafwef