FOOD BLOGGER INDONESIA

3 Makanan Khas Maluku yang sangat enak

Maluku merupakan daerah yang dikelilingi oleh perairan. Banyak pantai dan Pulau cantik di Maluku. Hal ini juga yang menyebabkan makanan khas Maluku kebanyakan berbahan dasar ikan. Selain ikan, makanan pokok masyarakat timur Indonesia adalah sagu. Sehingga, banyak makanan khas timur yang terbuat dari sagu. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Maluku, jangan lupa mencicipi kulinernya. Dijamin ketagihan, pecinta kuliner mari coba rasa-rasa Kuliner Andalan dari daerah Maluku. Berikut adalah 10 masakan khas Maluku yang sayang jika Anda lewatkan.

3 Kuliner Khas Maluku yang Enak Banget 

1. Gohu Ikan 
Gohu Ikan masakan khas maluku
Nama masakan ini Gohu ikan atau Sashimi Ternate dari Maluku. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna yang dipotong-potong kecil. Ikan yang disajikan untuk masakan Gohu ikan, tidak menggunakan api sama sekali. Itu sebabnya kenapa makanan ini disebut juga dengan Sashimi Ternate. Bahan dasar dari masakan ini adalah daging ikan tuna segar, jeruk nipis/lemon, daun kemangi yang dirajang kecil, kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk kasar, minyak kelapa, bawang merah dan cabe rawit yang sudah diiris kecil dan garam.

Ikan tuna yang sudah dicuci bersih diberi perasan jeruk nipis/lemon cina dan garam secukupnya. Setelah itu diaduk hingga semua bahan merata. Panaskan minyak kelapa, setelah panas masukan irisan cabe rawit dan bawang merah tumis hingga harum. Setelah cabe rawit dan bawang merah sudah matang angkat dan langsung tuangkan pada ikan tuna yang sudah diberi jeruk nipis dan garam. Aduk hingga merata. Untuk mempercantik tampilannya, Gohu ikan diberi pemanis daun kemagi dan taburan kacang tanah yang sudah ditumbuk. Perpaduan kacang tanah dan ikan tuna membuat cita rasa dari Gohu ikan sangat menggoyang lidah. Rasa pedas, gurih dan asam menyatu di dalam mulut menciptakan cita rasa yang luar biasa.

BACA JUGA:

Harga Kopi Arabika Dan Gayo Sedang Dijual Sangat Murah


2. Ikan Kuah Pala Banda 
Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala Banda adalah makanan yang berasal atau asli dari kepulauan Banda, Maluku. Masakan ini adalah masakan yang paling diunggulkan oleh masyarakat Banda, karena aromanya dipercaya mampu menggugah selera makan. Hal ini yang menyebabkan masakan ini menjadi hidangan utama pada jamuan untuk tamu-tamu penting yang berkunjung ke Banda. Bahkan ketika Bangsa koloni masih menjajah Nusantara, masakan ini menjadi sajian utama untuk petinggi-petinggi koloni di Banda. Hal tersebut membuktikan bahwa kelezatan dari masakan ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Karena telah terpercaya sejak dulu hingga sekarang.

Keistimewaan dari masakan ini adalah selain cita rasa dari ikannya, kuahnya juga memiliki kenikmatan yang kaya akan bumbu rempah sehingga memberi rasa segar ketika kita mencicipinya. Cita rasa khas dari pala membuat kuah ikan menjadi semakin yummmy. 

3. Ikan Komu Asar
Ikan Komu Asar
Asar sendiri memiliki arti sebagai proses pengasapan. Ikan komu asar adalah makanan yang yang berbahan dasar ikan jenis komu/cakalang/tongkol/tuna yang masih segar, kemudian dibersihkan dan diberi bumbu khas Maluku. Ikan yang sudah diberi bumbu ditusuk menggunakan bambu. Fungsi bambu adalah sebagai penopang ketika proses pengasapan dilakukan. Ikan yang sudah dipasangi bambu kemudian diasar. Proses pengasapannya, memakan waktu kurang lebih satu jam. Masyarakat Maluku di mana pun pasti mengenal makanan ini. Jika Anda berkunjung ke Maluku, Anda akan sangat mudah mendapatkan makanan yang satu ini. Makanan ini sudah dipatenkan menjadi makanan khas Maluku (karena hanya ada di Maluku).

Ikan komu asar bisa langsung disantap dengan nasi hangat, dan colo-colo. Kenikmatannya sangat luar biasa, coba sekali pasti nambah-nambah lagi. Selain bisa dimakan langsung, ikan komu ashar juga bisa dijadikan bahan utama dalam hidangan lain, seperti; ikan asar kuah santan, ikan asar kecap manis pedas dan lain sebagainya

Bagi kalian yang menyukai kopi bisa cek disini
https://jualkopiarabikagayobandungdanharga.blogspot.com

0 Response to "3 Makanan Khas Maluku yang sangat enak"

Posting Komentar

wdcfawqafwef