FOOD BLOGGER INDONESIA

5 Makanan Khas Lampung di coba

Makanan khas Lampung – Lampung memang terkenal sebagai kota yang menghasilkan makanan-makanan khas paling enak. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Lampung sebaiknya anda tidak melewatkan untuk mencicipi hidangan lezat hingga kue-kue khas Lampung.


Seruit

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Sementara itu, seruit ini juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun. Seruit merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang mix dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak ataupun ada pula yang menambahkan mangga.


Pada dasarnya ikan-ikan yang digunakan untuk membuat seruit cukuplah beragam, namun ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya. Saat menyantap seruit ini biasanya akan ditambahkan lalapan agar memberikan cita rasa yang lebih lezat dan nikmat.


Tempoyang

makanan khas lampung

Apakah anda menyukai makanan olahan dari durian? Jika ia, maka anda patut mencoba makanan khas kota Lampung yang satu ini. Tempoyang merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah difermentasikan.


Untuk proses pembuatan tempoyang juga terbilang mudah yakni dengan cara menyiapkan daging durian yang tidak mempunyai kandungan air yang banyak. Nah, agar dapat membuat tempoyang yang lezat sebaiknya anda mencari durian dengan kualitas yang baik dan sudah benar-benar matang. Setelahnya anda bisa memisahkan antara biji dengan daging duriannya lalu diberikan sedikit garam.



Selanjutnya anda bisa menambahkan cabe rawit secukupnya, jika semua sudah dilakukan maka anda bisa menyimpannya di tempat yang tertutup ataupun jua bisa dimasukan ke dalam kulkan. Hal ini berguna untuk mempercetap proses fermentasi tempoyak. Apabila sudah difermentasikan selama 2 sampai 5 hari maka anda bisa segera mengolahnya dengan campuran ikan. Ikan yang biasanya digunakan cukup beragam seperti ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan lainnya.


Bagi anda yang ingin membuat sambal maka harus mencampurkan bawang merah, bawang putih, cabe yang telah dihaluskan ataupun dipotong-potong kecil, kemudian tambahkan sedikit gula. Kemudian anda bisa mengorengnya hingga 3 menit, selanjutnya tempoyak bisa langsung dihidangkan dan dimakan.


Geguduh

Bagi anda yang menyukai makanan yang memiliki cita rasa yang manis-manis, maka anda haru mencoba makanan khas kota Bandar Lampung ini. Gegaduh merupakan salaha satu makanan yang sejenis dengan kue dan terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan. Gegadu ini biasanya disajikan untuk para tamu dan juga untuk dinikmati bersama keluarga saat ada acara keluarga.


Dalam proses pembuatan gegaduh dibutuhkan beberapa bahan yang sangat mudah untuk anda peroleh seperti buah pisang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, selai serta susu. Selanjutnya tepung terigu dan pisang dicampurkan dan diaduk hingga merata, pada tahap ini anda juga harus memasukan susu dan selai yang sudah disediakan.


Setelahnya anda bisa segera mengoreng geguduh hingga matang. Pada dasarnya untuk membuat gegaduh ini sering menggunakan pisang kepok, dan jika ingin menambah aroma yang sedap maka anda bisa menggunakan daun pandan ataupun air kapur sirih.


Gulai Taboh

makanan khas lampung

Gulai taboh memang dikenal sebagai makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Gulai taboh ini biasanyan terbuat dari ubi-ubian dan kacang-kacangan. Proses pembuatan gulai taboh terbilang sedikit mudah yakni dengan mencapurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya, serta juga bisa mencapurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.


Jika ingin membuat rasa yang berbeda maka anda bisa menambahkan daun sirih atau terasi ke dalamnya. Dengan adanya perpaduan antara ubi dengan terasi tersebut dapat membuat makanan terasa lebih lezat dilidah.


Umbu

Nah, bagi anda pencinta makanan yang memiliki rasa sedikit pahit seperti pare, maka anda patut mencoba makanan khas dari lampung ini. Umbu merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan utamanya rotan yang masih muda. Dalam proses pembuatannya rotan ini akan direbus hingga lunak. Umbu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti oseng ataupun juga bisa dihidangkan dalam bentuk makanan lalapan.


Bagi kalian yang menyukai kopi bisa cek disini
https://jualkopiarabikagayobandungdanharga.blogspot.com

0 Response to "5 Makanan Khas Lampung di coba "

Posting Komentar

wdcfawqafwef